“BukaLapak.com”
A. Bukalapak.com
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online
marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan
oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya
situs layanan jual -
beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer
(C2C), Bukalapak
menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun.
Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon
pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam
jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli
dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda,
ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget,
komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana,
elektronik, dan lain-lain.
B. Sejarah

Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 July 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.
- Notifikasi SMS setiap ada pesanan
- Feedback positif setiap transaksi sukses
- Kepastian menerima uang pembayaran
- Prioritas di mesin pencarian
- Perhitungan ongkos kirim otomatis
C. Fitur-fitur Bukalapak.com
- · Notifikasi SMS setiap ada pesanan
Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan
GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang
waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
- · Feedback positif setiap transaksi sukses
- · Kepastian menerima uang pembayaran
- · Prioritas di mesin pencarian
D. Kelebihan
BukaLapak.com
1.
Mendapatkan
Notifikasi Pesan
Perusahaan E- Commerce yang
berdiri sejak tahun 2011 ini menghadirkan konsep transaksi sederhana yaitu dengan memberitahu kepada Penjual
jika terjadi transaksi ataupun penjualan di lapak pemilik barang. Dengan begitu, Penjual bisa lebih fokus kepada pembeli
yang serius.
Selain konsep yang sederhana, yaitu sebagai wadah para Penjual online untuk berjualan, melalui
situs ini juga semua yang benda
berjualan diajak untuk lebih serius. Salah satunya adalah ketika Pembeli melakukan transaksi kemudian produk yang
diinginkan habis maka uang yang lebih dulu di kirim akan aman dan bisa
diambil mengingat perusahaan ini menerapkan rekening bersama guna
dimanfaatkan oleh para Penjual dan Pembeli.
2.
Pasti
Menerima Uang dan Testimoni Positif
Sistem pembayaran yang
digunakan Bukalapak sangat
aman. Karena pembeli akan menransfer uang terlebih
dahulu sebelum mengirim barangnya. Jika Penjual sudah mengirim
barangnya, Penjual bisa menerima uang
dari Bukalapak.com sejumlah harga yang dipasang.
Jika pembeli tidak memberikan testimoni, maka sistem akan otomatis
memberikan feedback positif kepada lapak Penjual.
3.
Ongkos
Kirim Otomatis
Sistem akan berjalan secara otomatis
memberikan atau menghitung ongkos kirim kepada pembeli.
Meski begitu, perlu diperhatikan lokasi Penjual, karena
penghitungan harga ongkos kirim tergantung dari jarak lokasi daerahnya dengan gudang penyimpanan barang.
4.
Prioritas
di Mesin Pencari
Lapak yang telah dibuka akan dioptimasi dengan SEO secara
otomatis, tujuannya adalah agar dapat lebih unggul dari yang
lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun
posisi pencarian di mesin pencari google lebih unggul Penjual yang telah membuka toko di perusahaan
ini.
E. Kekurangan BukaLapak.com
1.
Pengunjung tidak dapat melihat tanggal postingan kapan terakhir diunggah pada
web bukalapak.com.
2.
Belum terlihat ada fasilitas toko online seperti checkout dan keranjang
belanja.
3.
Barang yang sudah diset TERJUAL masih bisa dibeli oleh Costumer.
4.
Tidak adanya rekomendasi, rate tentang pembeli yang jujur
5.
Untuk hal-hal yang tidak berbentuk barang seperti penjualan jasa dan penawaran
bisnis, buka lapak tidak menerimanya.
6.
Rate penjual dan pembelinya masih buruk karena kurangnya rekomendasi dan detail
yang cukup baik mengenai kondisi barang dan
informasinya.
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
http://dgroundrevolution.blogspot.co.id/2015/02/analisa-e-commerce-tokobagus-tokopedia.html
http://www.scribd.com/doc/48232320/Contoh-Analisis-Website-E-commerce#scribd
Pinchbet - A New Asian Restaurant - FEBCasino 10cric 10cric 제왕카지노 제왕카지노 857strat hotel & casino | Vegas Hotels & Resorts
BalasHapus