Selasa, 24 November 2015

Konfigurasi FTP server dengan Paket Tracer

Topology


Hardware
Dengan Menggunakan Pengalamatan IP Address
FTP Server : 192.168.1.251/24

Konfigurasi
1.Buka server yang ingin di jadikan FTP server, lalu pilih Config -> FastEthernet. Kemudian isikan dengan IP address yang sudah di tentukan.


Kemudian masih didalam Config pilih FTP, lalu isikan username, password dan, hak akses untuk user yang hendak mengakses ftp server dari sisi client. Hak akses sangatlah penting, tidak sembarang orang boleh memiliki hak akses penuh karena demi menjaga keamanan data itu sendiri. Sebagai contoh saya menggunakan beberapa user :


Setelah membuat User, saatnya pengujian dengan menggunakan PC cient, Buka PC client dan pilih Desktop -> Command Prompt. Lalu ketikan “ftp ftp.nama_domain.com” dan enter. Kalian nnti akan di minta username dan password isikan lah dengan user yang kalian sudah dafttarkan di FTP server tadi.


Berikut adalah perintah yang bisa digunakan dalam ftp, kalian bisa menggunakan perintah “help” untuk melihatnya.


Untuk melihat isi list gunakan perintah dir untuk melihatnya.


Kemudian untuk mendownload salah satu dari file di atas. Gunakan perintah “get” untuk malakukannya.


Untuk melihat hasil download, kalian bisa keluar dari ftp dengan perintah “quit” lalu “dir” untuk melihat file yang baru saja di download.


Lalu kita akan mencoba untuk menempatkan kembali file yang sudah download ke ftp server. Gunakan perintah “put” untuk melakukannya.


Apabila kalian bisa melakukan hal diatas maka konfigurasi kalian telah berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang