Jumat, 13 November 2015

Analisis web E-Commerce

“BukaLapak.com”
A.    Bukalapak.com
Bukalapak merupakan salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring ) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Seperti halnya situs layanan jual - beli daring (online) dengan model bisnis consumer-to-consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko daring untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, sabak (tablet), perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain.

B. Sejarah
Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun,  Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu.

Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan    aplikasi selular untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 July 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak.Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi   yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang   dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya.
  •  Notifikasi SMS setiap ada pesanan
  • Feedback positif setiap transaksi sukses
  • Kepastian menerima uang pembayaran
  • Prioritas di mesin pencarian
  • Perhitungan ongkos kirim otomatis
Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di    Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.

C. Fitur-fitur Bukalapak.com
  • ·         Notifikasi SMS setiap ada pesanan
Penjual akan mendapatkan SMS (jaringan GSM) setiap ada pesanan. Penjual bisa fokus jualan online tanpa buang-buang waktu melayani calon pembeli yang tidak serius.
  • ·         Feedback positif setiap transaksi sukses
Penjual akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi.
  • ·         Kepastian menerima uang pembayaran
Penjual langsung menerima uang pembayaran setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau 1×24 jam setelah barang terkirim menurut kurir.
  • ·         Prioritas di mesin pencarian
Setiap halaman barang penjual telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) agar tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan lainnya.


D. Kelebihan BukaLapak.com
1.     Mendapatkan Notifikasi Pesan
Perusahaan E- Commerce yang berdiri sejak tahun 2011 ini menghadirkan konsep transaksi sederhana yaitu dengan memberitahu kepada Penjual jika terjadi transaksi ataupun penjualan di lapak pemilik barang. Dengan begitu, Penjual bisa lebih fokus kepada pembeli yang serius.
Selain konsep yang sederhana, yaitu sebagai wadah para Penjual online untuk berjualan, melalui situs ini juga semua yang   benda berjualan diajak untuk lebih serius. Salah satunya adalah ketika Pembeli melakukan transaksi kemudian produk yang diinginkan habis maka uang yang lebih dulu di kirim akan aman dan bisa diambil mengingat perusahaan ini menerapkan rekening bersama guna dimanfaatkan oleh para Penjual dan Pembeli.
2.     Pasti Menerima Uang dan Testimoni Positif
Sistem pembayaran yang digunakan Bukalapak sangat aman. Karena pembeli akan menransfer uang terlebih dahulu sebelum mengirim barangnya. Jika Penjual sudah  mengirim barangnya, Penjual bisa menerima uang dari Bukalapak.com sejumlah harga yang dipasang.
Jika pembeli tidak memberikan testimoni, maka sistem akan otomatis memberikan feedback positif kepada lapak Penjual.
3.     Ongkos Kirim Otomatis
Sistem akan berjalan secara otomatis memberikan atau menghitung ongkos kirim kepada pembeli. Meski begitu, perlu diperhatikan lokasi Penjual, karena penghitungan harga ongkos kirim tergantung dari jarak lokasi daerahnya dengan gudang penyimpanan barang.
4.     Prioritas di Mesin Pencari
Lapak yang telah dibuka akan dioptimasi dengan SEO secara otomatis, tujuannya adalah agar dapat lebih unggul dari yang lainnya meski memiliki produk jualan yang sama namun posisi pencarian di mesin pencari google  lebih unggul Penjual yang telah membuka toko di perusahaan ini.

E. Kekurangan BukaLapak.com
1. Pengunjung tidak dapat melihat tanggal postingan kapan terakhir diunggah pada web bukalapak.com.
2. Belum terlihat ada fasilitas toko online seperti checkout dan keranjang belanja.
3. Barang yang sudah diset TERJUAL masih bisa dibeli oleh Costumer.
4. Tidak adanya rekomendasi, rate tentang pembeli yang jujur
5. Untuk hal-hal yang tidak berbentuk barang seperti penjualan jasa dan penawaran bisnis, buka lapak tidak menerimanya.
6. Rate penjual dan pembelinya masih buruk karena kurangnya rekomendasi dan detail yang cukup baik mengenai kondisi barang dan informasinya.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Bukalapak
http://dgroundrevolution.blogspot.co.id/2015/02/analisa-e-commerce-tokobagus-tokopedia.html
http://www.scribd.com/doc/48232320/Contoh-Analisis-Website-E-commerce#scribd

1 komentar:

  1. Pinchbet - A New Asian Restaurant - FEBCasino 10cric 10cric 제왕카지노 제왕카지노 857strat hotel & casino | Vegas Hotels & Resorts

    BalasHapus

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang