Senin, 20 Januari 2014

Pengertian,Sejarah,Jenis Komputer

A.Pengertian Komputer

Komputer berasal dari bahasa Yunani yaitu Computare yang secara bahasa berarti menghitung.berdasarkan hal tersebut , maka komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Sedangkan secara harfiah komputer adalah sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untu melakukan pengolahan data informasi yang berupa teks, gambar, maupun suara untuk menghasilkan keluaran yang dikehendaki. Sebuah komputer terbangun dari sistem analog dan digital yang terprogram  dan terbagi menjadi unit-unit dengan fungsi tertentu.secara garis besar komputer terdiri dari 3 bagian yaitu perangkat keras(hardware), perangkat lunak(software), dan pengguna komputer(brainware).

 B.Sejarah Komputer
Sejarah komputer dan perkembanganya dari awal hingga kini. Menurut beberapa sumber penemu komputer yang pertama kali adalah seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah salah seorang yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Berawal dari penemuannya berupa mesin hitung yang merupakan cikal bakal hadirnya komputer hingga seperti sekarang ini.

1.    1.Generasi Pertama (1944-1959)

Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.


2. Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran. Komputer IBM-7090 buatan Amerika. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

3. Generasi Ketiga (1964-1975)
Integrated Circuit atau IC-Chip merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili 1 bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada di dalam 1 chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil.Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

4. Generasi Keempat (1975-Sekarang)


Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004. Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer.
Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

5. Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)


Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. 

C. jenis-jenis komputer
komputer dibedakan berdasarkan jenis dan variasinya.dimana masing masing memiliki kelebihan dan kekuragn. Jenis jenis komputer yang ada pada saat ini yaitu:
1.      Komputer Server
Merupakan komputer dengan spesifikasidan fungsi yang khusus.komputer jenis ini memiliki kinerja kerja yang baik dan kuat , karena merupakan komputer sentral dari sebuah jaringan ataupun internet dengan jumlah pengguna yang banyak, komputer jenis ini mampu bekerja 24jam secara terus-menerus.selain itu komputer ini mampumelayani kebutuhan pengguna yang berbeda pada saat bersamaan, misalnya megirim data, membaca data, menerima data, menulis data danlainnya.Ada beberapa istilah dari komputer server:
 ü  Mail Server merupakan komputer server yang berfungsi menyimpan seluruh alamat dan data  dari email. 
 ü  web server merupakan komputer server yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data website yang nantinya diakses oleh seluruh pengguna melalui internet.
 ü  file server merupakan komputer server yang berfungsi menyimpan seluruh file pengguna. 
 ü   proxy server merupakan komputer server yang berfungsi untuk mengontrol lalulintas data.
Komputer server harus memiliki spesifikasi yang tinggi untuk mendukung kerjanyakomputer server biasanya memiliki casing yang besar,dimana didalamnya berisi rak hardisk.

      2.       Kompuer Personal
Jenis komputer personal Pada  yaitu:
a.       Komputer Desktop
Desktop berasal dari kata Desk dan Top dimana desk memiliki arti meja, sedangkan top berarti atas. Komputer desktop merupakan komputer yang biasanya berada di atas meja.komputer jenis ini relatif besar dan memiliki komponen masukan, pemrosesan dan pengeluaran yang terpiah dan dihubungkan melalui kabel maupun media tanpa kabel(wireless). Kedudukan Monitor, CPU , keyboard, mouse, speaker dan lainnya tidak dalam satu kesatuan. Komputer ini biasa disebut juga komputer kerja. Komputer desktop memiliki spesifikasi dan fungsi yang beragam, . spesifikasi komputer desktop tidak selalu menentukan fungsinya, namun semua tergantung dari pengguna yang memakainya.
b.      Komputer jingjing(Notebook)
Komputer jingjing lebih dikenal dengan notebook/laptop memiliki fungsi yang sama dengan personal komputer pada umumnya, yang membedakan hanya bentuk dan ukuran perangkatnya.ukuran komputer jinjing l lebih kecil dan praktis sehingga flexybel dan mudah dibawa-bawa.komputer jinjing memiliki beberapa jnis variasi berdasarkan ukurannya yaitu:
ü  Standard notebook/ laptop
adalah komputer yang ukurannya sebesar buku catatan saja, dimana sekarang banyak dipakai pelajar, mahasiswa, dosen, pengusaha, peneliti, dan sebagainya. Notebook mempunyai ukuran yang hampir sama atau mirip dengan kertas kuarto,yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg .

ü  Subnotebook
adalah komputer yang ukurannya ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada  sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk Netbook
ü  Netop
ü  Rugged laptop
ü  Plamtop
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik,melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.

Sumber:
Hasnul Arifin, Kitap Suci Teknik Komputer, Penerbit: Mediacom.
http://hermawayne.blogspot.com/2011/04/5-generasi-dalam-sejarah-komputer.html

Dinar Dwi Cahya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang