Sabtu, 11 Januari 2014

Media Sosial Dengan Internet

Internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai global network of computer network  atau sebuah jaringan komputer dalam skala  global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala Internasionalyang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi.Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP . Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Departement of Defense  dalam Proyek ARPnet.

Internet dan kemajuan teknologi komunikasi telah mengubah secara drastis cara orang bekerja dengan komputer. Diawali dengan konsep komputasi terdistribusi yang  memungkinkan orang bekerja dengan komputer tanpa tergantung pada lokasi, trend ini berlanjut dengan mode kerja bergerak (mobile). Komputasi bergerak adalah mode komputasi di mana mobilitas menjadi salah satu ciri. Salah satu komponen yang sering dieksploitasi mobilitasnya adalah kode program. Mobilitas kode adalah kemampuan kode program untuk berpindah dari satu lingkungan eksekusi ke lingkungan eksekusi yang lain.
Penggunaan yang paling umum dijumpai adalah browsing, e-mail, chatting dan media sosial lainnya. Sebenarnya masih banyak penggunaan internet yang lainnya yang lebih kompleks hingga ke suatu sistem database perusahaan, perbankan dan lainnya.


Media sosial /Jejaring sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Sehingga pengguna internet dapat dengan leluasa mengembangkan sendiri pengetahuannya melalui internet dengan tersedianya informasi-informasi yang sangat lengkap yang secara otomatis akan sangat mudah untuk mempelajari penggunaan internet lainnya baik dengan mencari informasi maupun bertukar informasi dengan sesama pengguna melalui internet.
Manfaat Jaringan Sosial
Jejaring sosial sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap remaja ataupun orang dewasa. Seperti yang kita ketahui jejaring sosial adalah tempat dimana kita mendapatkan teman baik di dalam maupun luar negeri. Jejaring sosial yang kita ketahui seperti Facebook ,Instagram, Path, Twitter, dan sebagainya,mempunyai manfaat bagi dunia pendidikan atau bagi pelajar itu sendiri. Berikut adalah manfaat jejaring sosial:

1. Kemampuan Beradaptasi

Dengan jejaring sosial siswa akan mampu belajar cara mengembangkan kemampuan teknis dan sosial yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi era digital sekarang ini. Mereka akan menemukan cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan sahabatnya di jejaring sosial, serta kemampuan memanajemen pertemanan mereka. memahami apa yang mereka bicarakan yang kemudian akan mengasah kemampuan mereka untuk belajar bersosialiasi dengan ikut serta berperan dalam suatu diskusi dijejaring sosial diantara teman-teman yang baru mereka kenal.
2. Perluasan Jaringan Pertemanan

Pada dasarnya ini merupakan tujuan dibuatnya jejaring sosial yang memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk memperluas jaringan pertemanannya dengan siapapun dan dari negara manapun, walaupun mereka tidak pernah bertemu sebelumnya. Dengan jejaring sosial para siswa bisa menambah jaringan pertemanannya tanpa harus bertemu langsung sehingga mereka dengan mudah menciptakan suatu komunitas yang bermanfaat bagi mereka, entah itu dalam diskusi pelajaran maupun hal-hal lain yang bisa memberikan kontribusi positif bagi mereka para siswa.

3. Sebagai sarana promosi.

Bagi yang suka berdagang, media pemasaran bisa lebih meluas. Tak hanya dilakukan secara offline, tapi kini bisa dilakukan secara online. Salah satunya dengan memajang foto foto produk dan mempromosikan barang dagangan yang akan kita jual lewat facebook, website, ataupun blog pribadi. Dengan harapan, teman-teman yang ada di dunia maya tertarik setelah melihat barang apa saja yang kita tawarkan

4. Sebagai sarana untuk menyalurkan hobi.

Bagi yang suka menulis dan foto, jejaring sosial menyediakan banyak info-info lomba menulis sekaligus ajakan menulis dari para penulis yang lebih dulu terjun dalam bidang kepenulisan atau mungkin user dapat ngeshare hobinya melalui dunia maya ini.

 5. Sebagai sarana untuk berekspresi.

 Salah satunya dalam bidang menulis, modeling, bernyayi. Kita bebas mempromosikan situs pertemanan yang lainnya. Di jejaring sosial pun mampu mengangkat user user yang berbakat menjadi terkenal dengan sosial media.
Namun salah salah menggunakan internet dalam mengakses jejaring sosial mampu memberi dampak negatif yaitu: penculikan, diskriminalisasi, pelecehan, penipuan dan sebagainya.

>> Selain untuk membuka jejaring sosial internet merupakaan wadah dari segala sumber ilmu, di dalam internet kita mampu mencari informasi yang terdapat di negara lain sekalipun hanya dengan menggunakan internet. Keuntungan menggunakan internet yaitu:
1. Efisien
Bila ditinjau secara mendalam , internet sesungguhnya lebih efisien dan lebih ekonomis dari media lainnya
2. Tanpa Batasan
Internet tidak mengenal batas negara atau benua, jadi dalam waktu yang relatif singkat informasi dapat disebarkan ke seluruh pelosok dunia
3. 24 jam non stop
Internet adalah media yang berlangsung sepanjang waktu ,ini berarti kapanpun pengguna internet memerlukan informasi dapat langsung mengunjungi situs yang diinginkan untuk mencari informasi tersebut
4. Interaktif
Hampir seluruh media interaktif yang telah dipakai secara meluas merupakan media yang menyediakan informasi satu arah, dimana seseorang tidak memiliki peluang untuk ikut andil didalammya. Meskipun terdapat media yang memperbolehkan ikut andil , namun memerlukan waktu yang relatif lama. Sebaliknya , internet merupakan media interaktif yang memungkinkan seorang user untuk ikut berpartisipasi kapanpun. 

sumber:
http://9triliun.com/artikel/1334/cara-mengakses-internet.html


                                                                                                                                 Dinar Dwi Cahya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang