Jumat, 24 Januari 2014

Komponen Pada Komputer

Komponen Pada Komputer
Komputer terdiri dari dua komponen yaitu komponen perangkat keras (hardware)  dan komponen perangkat lunak (software).sedengkan dalam pengertian luas apa bila kita membicarakan tentang suatu sistem pengolahan data dengan menggunakan dukungan komputer atau sistem penggelolahan data secara elektronik/ PDE(Electronic  data prossesing system/ EDP), maka selalu ada 3 unsur yang terlibat , yaitu hardware, software dan brainware.

1.Perangkat keras(Hardware)
Komponen perangkat keras adalah segala sesuatu yang bersifat fisik yaitu komputer itu sendiri sebagai suatu benada/mesin .contohnya komponen-komponen pada komputer. Pada prinsipnya terbagi menjadi 4 kelompok yaitu:
>> Perangkat Masukan(input device).
Perangkat masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk membaca dari media pembawa data, yang merupakan baan masukan bagi sistem pengolahan data.
>> Perangkat keluaran(output device).
Perangkat keluaran adalah peralatan yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan hasil sistem pengelolaan data dengan komputer.
>> CPU(Central prossesing unit).
Merupakan bagian dari sistem komputer, yang secara fungsional bertugas untuk melakukan koordinasi sistem kerja komputer.
>> Unit Penyimpanan(storage). 
Merupakan bagian dari sistem komputer, yang berfungsi untuk menyipan data yang tidak sedang diolah.
Untuk dapat membaca data masukan maupun menghasilkan output  peralatan masukan/ keluaran tersebut menggunakan suatu media pembawa/penympanab/perekaman data tertentu. Jenis media tersebut bermacam-macam antara lain berupa kartu data berlubang(punched card) pita magnetik (magnetik tape), piringan magnetik(magnetik disk) maupun kertas cetak bersambung(continous form)
.
Komponen Pada Komputer
Cashing

Cashing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya

Power Supply 

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya. 

Motherboard / Mainboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA, atau lain sebagainya.

RAM 

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, DDR3 atau lain sebagainya. 

 Video card 

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya. 

 Hard disk 

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

Optical Disc Drive 

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. 

Monitor 


Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik. 

Keyboard 

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya. 

Mouse 

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya. 

2. Perangkat lunak(Software)
Komponen perangkat lunak atau yang disebut dengan software adalah segala sesuatu yang bersifat non-fisik dan merupakan bagian yang memungkinkan komputer tersebut dapat bekerja (program komputer), yang dibuat oleh perusahaan komputer antara lain diukur dari kemampuan perangkat lunaknya bukan dari bentuk dan keindahan fisik mesinnya. Oleh karena itu perusahaan komputer mengaluarkan biaya yang sangat besar untuk penelitian dan perkembangan kemampuan perangkat lunak tersebut.
Sistem operasi
Sistem operasi berfungsi untuk mengontrol dan mengatur seluruh kegiatan sistem komputer dan membantu pemakai dalam hubungan dengan pengolahan data.sistem operasi terdiri dari:
A. Program kontrol(control program executive), yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan sistem komputer.
B. Perpustakaan system(system library) terdiri dari program-program yang melakukan fungsi     
    untuk pemakai, di antaranya:
   - Prosesor bahasa(language procesor).contohnya yaitu :Cobol compiler, fortran compiler, RPG compiler,         PL/I compiler, dan sebagainya
   - Program utility (Utility program), program fasilitas seperti sort, merge , read tape to disk , dan lain-lain 

3.  Brainware
Yang dimaksud dengan brainware adalah unsur manusia, yaitu para petugas yang menangani suatu sistem pengolahan data secara elektronik. Pada umumnya, dalam istilah brainware ini tidak dibicarakan para teknisi yang berhubungan dengan hardware melainkan yang berhubungan dengan perangkat lunak.mereka mempunyai latar belakang pendidikan dan keahlian tertentu yang berbeda beda sesuai dengan bidang spesialisasi pekerjaannya. Ditinjau dari aspek spesialisasi fungsinya ,semula tenaga teknisi komputer ini pada dasarnya dapat digolongkan dalam 3 golongan utama yaitu sistem analis,pemrograman (programmer), dan operator.Masing-Masing kelmpok keahlian / keterampilan  tersebut masi dapat di klarifikasikan lebih terperinci sebagai berikut:
Sistem analisis/desainer sistem aplikasi komputer
- Spesialis procedure.
- Spesialis sistem informasi manajemen(management information system/MIS).
- Spesialisasi Analisa dan Disain sistem komputerisasi.
Pemrograman
- Pemrograman aplikasi(application programmer).
- Pemrograman sistem operasi(system programmer).
Operator 
- Operator komputer(console, phiriperal).
- Operator mesin perekaman.

Sumber:

Gondodiyoto,Sanyot. pengantar komputer dan komputer tersasi .Jakarta: PT Elex media komputindo .
http://edy-sant.blogspot.com/2011/11/komponen-komputer-dan-penjelasannya.html.

Dinar Dwi Cahya

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang