Jumat, 10 Januari 2014

Jaringan Nirkabel Internet

Jaringan wireless atau jaringan nirkabel WAN/Wireless LAN adalah suatu jaringan LAN biasa yang tidak menggunakan kabel untuk transfer datanya. Media untuk transfer data adalah gelombang radio.Untuk menangani masalah kabel yang begitu panjang pada pemasangan jaringan komputer, kita dapat memilih artenatif wireless LAN, untuk berhubungan dengan jaringan. Melalui wirelees LAN , kita tidak perlu bersusah­­­-payah menarik kabel untuk memasang jaringan. Untuk mengakses jaringan wireless kita hanya membutuhkan sebuah kartu jaringan wireless yang terpasang pada komputer atau laptop.
             Jaringan ini bisa mencakup satu area yang kecil ataupun area yang sangat luas .biasanya wireless ini juga dikombinasikan dengan jaringan kabel.
Jenis-jenis jaringan pada komputer:
1.LAN(Local Area Network) : mencakup wilayah lokal.
2.MAN(Metropolitan Area Network) : untuk menghubungkan suatu jaringan dari 1kota ke kota lain.
3.WAN(Wide Area Network) : menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain
           Untuk dapat melakukan komunikasi dengan user lain, nomer IP adress kartu jaringan wireless pada masing-masing komputer haruds diketahui terlebih dahulu, jangkauan jaringan wireless tergantung dari jenis kartu wireless.Salah satu keuntungan dari wireless adalah dapat mengakses jaringan kapanpun dan dimanapun dengan kecepatan akses data yang lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
            Jaringan nirkabel(wireless) saat ini juga sudah dikombinasikan dengan jaringan komputer yang lain. Sebagai contoh, saat ini telah ada penggabungan antara wirelles LAN dengan jaringan internet yang membentuk sebuah jaringan hotspot. Hotspot merupakan sebutan bagi sebuah daerah tempat kita dapat melakukan koneksi ke jaringan lain atau ke internet tanpa harus menggunakan kabel. Hotspot menggunakan teknologi WIFI dengan frekuensi 2,4GHz.
Ada dua tipe mode yang di gunakan pada jaringan wireless yaitu :
1.       Mode Ad-Hoc


Mode ini sama seperti mode jaringan peer to peer, jaringan ini di bangun menggunakan komponen LAN card tanpa menggunakan access point.

2.       Mode Infrastruktur

Mode ini menggunakan wirelles Lan Card pada setiap komputer. Mode ini juga menggunakan access point sebagai media penghubung, jadi client anggota jaringan harus melalui access point terlebih dahulu sebelum dapat berhubungan dengan client lain.
Penggunaan teknologi wireless tidak hanya dierapkan pada dunia komputer saja, tetapi juga pada bidang-bidang lain seperti telekomunikasicontohnya GSM,CDMA,GPRS,EDGE atau koneksi 3G pada pesawat telephone celluler atau PDA yang semuanya hadir untuk menggantikan peran kabel pesawat telepon PSTN dirumah.
Beberapa contoh aplikasi teknologi yang menggunakan wireless yaitu, sebagai berikut :
a.WIFI
WIFI atau wirelessfidelity adalah salah satu wireless networking tanpa kabel,hanya dengan komponen yang dapat terkoneksi ke jaringan.teknologi wifi memiliki standar yang sesuai yang ditetapkan oleh institusi internasional yang bernama institute of electrical and electronic engineers(IEEE).




b.WAP
Wireless Applications Protocol merupakan spesifikasi terbuka (open specification) yang dibuat agar perangkat wireless lebih mudah mengakses informasi (dari Internet) dan dapat berinteraksi secara interaktif dan instant. Dengan adanya WAP, pengguna handphone dapat mengakses Internet dengan lebih mudah dan sesuai dengan keterbatasan yang dimiliki oleh handphone, seperti layar yang kecil, memory yang kecil, dan kecepatan akses yang lambat. Hal ini diimplementasikan via WAP dengan menggunakan WML (Wireless Markup Languange) yaitu bahasa yang mirip dengan HTML (Hypertext Markup Languange) yang digunakan untuk membuat homepage atau web site.

c. Bluetooth
Bluetooth merupakan standar baru komunikasi wireless untuk suara dan data dengan menggunakan short-range radio link yang dapat dibuat murah dalam ukuran kecil. Dengan bluetooth banyak sambungan sambungan kabel yang dapat digantikan. Misalnya sambungan dari komputer ke printer, atau ke modem, atau bahkan ke handphone, dapat digantikan dengan bluetooth (wireless). Demikian pula hubungan earphone dengan handphone yang merupakan bagian dari handsfree set dapat dilakukan dengan Bluetooth. Dengan kata lain kabel-kabel yang bersliweran dapat dihilangkan dengan Bluetooth. Perangkat wireless juga dapat dihubungkan dengan jaringan komputer via Bluetooth. Meskipun masih mudah, bluetooth sudah mendapat dukungan dari perusahaan raksasa seperti Ericsson, Siemens, Nokia, Intel, 3Com, Microsoft, dan lain lainnya.
Umumnya peralatan-peralatan Bluetooth dapat Saling berkomunikasi dalam jarak yang sedang antara 1 hingga 100 m. Jarak maksimal ini dapat dihasilkan tergantung dari daya output yang digunakan dalam modul Bluetooth .
d. 3G
Sistem GSM yang mendominasi handphone di Indonesia, dan Eropa, dapat dikategorikan sebagai generasi kedua (2nd generation) mobile telephone. Generasi kedua ini memiliki kekurangan- kekurangan, dimana kecepatan transmisi data merupakan salah satu kelemahan utama. Batas kecepatan transmisi data ini menyebabkan aplikasi multimedia belum dapat diluncurkan di atas platform ini. Third generation mobile telephony dirancang untuk komunikasi wireless dengan kecepatan tinggi, yaitu 2 mega bit per detik. Dengan kecepatan seperti itu, maka komunikasi seperti video conferencing dapat dilakukan secara baik. Anda dapat mengirimkan gambar rumah yang akan anda beli kepada keluarga anda di rumah, atau menunjukkan komponen yang rusak di mobil anda kepada bengkel atau toko onderdil, atau menjukkan hasil analisa kesehatan kepada dokter spesialis yang kebetulan berada di tempat lain (atau bahkan di negara lain). Di Jepang, 3G ini akan diluncurkan segera dengan menggunakan teknologi wide band CDMA.
e. PDA
Implementasi komunikasi wireless tidak harus menggunakan handphone. Palm Pilot, sebuah PDA (Personal Digital Assitant), merupakan saingan terberat dari handphone. Dengan layar yang lebih lebar dan banyaknya aplikasi yang sudah tersedia, Palm Pilot nampaknya lebih mudah mendominasi aplikasi wireless Internet. Sebagai contoh, aplikasi penunjuk jalan yang diberikan oleh maps.yahoo.com sudah dapat diakses melalui Palm Pilot. Servis ini dapat menunjukkan peta dan arah jalan jika kita ingin menuju ke suatu tempat di daerah Silicon Valley.

>>Kelebihan lain dari jaringan nirkabel adalah:
       1.Kita dapat membaca dan mengirimkan email atau file data dalam waktu singkat tanpa harus pergi ke warnet untuk mengirimkannya.
2     2.Tidak tergantung pada pemilik insfrastruktur, sehingga penggunaannya dapat kita lakukan setiap saat sesuai dengan keinginan.
3     3. Lebih praktis serta tidak memerlukan ruang apabila wireless terpasang pada laptop atau peralatan elektronik portable sejenisnya.
4        4. Kecepatan transfer paket data minimal 5Mbps dan dapat mencapai 20 Mbps.

>>Kerugian menggunakan wireless LAN:
1.Banyak perangkat yang tidak cocok dengan wireles LAN.
2.Jumlah kanal yang tersedia pada frekuensi 2,4GHz sangat terbatas, sehingga perangkat perangkat lain yang menggunakan frekuensi tersebut dapat terganggu.

Sumber:
"Jaringan komputer", penulis: Wiharsono Kurniawan, Penerbit:Andi.
"Jaringan wireless untuk orang awam", penulis: Wahidin ,penerbit: Maxikom.
"Jaringan WIFI dan implementasi" ,penulis:Tri kuntoro&Dodi Heriadi,Penerbit: Andi.
        http://sarrahjennonica.blogspot.com/2013/09/tulisan-4-gambaran-dan-penjelasan.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang