Jumat, 10 Januari 2014

Cloud Computing

Istilah cloud tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena teknologi dari cloud ini sering kita gunakan. Misalnya saja, saat ini kita tidak perlu lagi membawa flashdisk kemana-mana, cukup terkoneksi dengan internet kita dapat menyimpan data di cloud. Data tersebut aman, dan tersedia dimanapun kita berada.
Karakteristik Cloud Computing:
1. On-Demand Self-Services Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan.
2. Broad Network Access Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan. Contoh HP, Tablet.
3. Resource Pooling Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien.
4. Rapid Elasticity Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan (atau menurunkan) kapasitas sesuai kebutuhan.
5. Measured Service Sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena akan digunakan dalam proses pembayaran.


Beberapa contoh aplikasi yang digunakan untuk cloud computing:
1.Google drive
Google drive adalah layanan cloud storage yang kegunaannya untuk menyimpan fil-file di cloud, disertai kemampuan untuk mengedit beberapa jenis tipe file yang didukung , misalnya file office atau gambar melalui google docs-nya. Setelah anda login ke http://drive.google.com maka akan muncul tampilan dari google drive yang sangat simple, karena memang fungsinya hanya untuk menyimpan file. Nantinya aplikasi untuk editing akan dijalankan di google docs, yang merupakan bagian dari google drive.untuk memudahkan user dalam menyimpan file maka dapat mendownload google drive untuk PC. Ini adalah software untuk memudahkan sinkronisasi antara file di komputer lokal dengan file di server.

2.Dropbox
Dropbox merupakan penimpanan online berkapasitas besar jangan sepelekan keberadaan dropbox,Karena dropbox mempunyai peranan yang unik dalam meningkatkan rating google. Cara menggunakan dopbox sangat mudah unduh terlebih dahulu dropbox pada komputer gunakan akun gmail untuk mengakses dropbox, untuk mengunggah file ke dropbox online(mengakses via website) simpan file dalam lokasi dropbox online pada komputer, maka dropbox akan melakukan uploading prosses sinkronisasi untuk segera memutakhiran dropbox online.

3. MediaFire
Mediafire adalah salah satu situs penyimpanan berkas-berkas yang ingin anda unggah maupun unduh. Mediafire didirikan sejak tahun 2006 wilayah Montgomery texas Amerika. Fitur mediafire cukup bagus karena semua user yang sudah memiliki akun ini mendapat 200mb gratis untuk mengupload di situs ini. Beda lagi dengan yang berbayar, kapasitas hingga 4GB dan untuk user business mencapai hingga 10GB.

Berikut Contoh Cloud yang sering kita gunakan sehari-hari di internet :
1. Sharing Dokumen dan Presentasi
Kita dapat berbagi presentasi, dokumen dan file dengan teman, keluarga dan rekan apakah mereka duduk di sebelah Anda atau di sisi lain dunia. Jika anda telah menggunakan layanan sharing dokumen, seperti Google Docs, atau layanan file hosting, seperti SkyDrive untuk berbagi file dan dokumen dengan orang yang anda kenal maka anda telah menggunakan Cloud. Layanan seperti Google Docs dan SkyDrive menyimpan file dan dokumen di cloud sehingga dapat diakses dari mana saja dan sehingga anda dapat mengizinkan pengguna lain untuk melihat dan membuat perubahan.
Cloud juga dapat sangat berguna untuk mengakses file sendiri ketika bepergian atau pada komputer yang berbeda. Anda juga dapat memanfaatkan cloud untuk mengakses bookmark dan preferensi. Situs bookmark seperti Delicious atau Google Bookmarks akan menyimpan situs web favorit Anda di awan dan membiarkan anda login untuk melihat dan mengedit dari mana pun.

2. Penyimpanan / Drive
Salah satu kegunaan penting dari cloud adalah untuk penyimpanan. Situs seperti Dropbox, Google Drive dan MediaFire memungkinkan anda untuk menyimpan file dan mengaksesnya dari mana saja melalui awan. Banyak pilihan yang memungkinkan untuk menyimpan sejumlah gigabyte data secara gratis. Memanfaatkan penyimpanan awan dapat menjadi cara yang bagus untuk menyimpan file  dan untuk membebaskan ruang pada komputer. File, terutama musik dan video, dapat mengambil sejumlah besar ruang pada hard drive dan flashdisk. Menyimpan file di cloud berarti  anda dapat melihat dan menggunakannya kapan pun dan dimana pun anda suka. Banyak orang juga menggunakan awan sebagai jasa penyimpanan data untuk menjaga agar data tetap aman.

3. Hiburan
Anda mungkin tidak menyadari berapa banyak bentuk hiburan sekarang menggunakan cloud untuk menjangkau audiens. Sebagian besar pengguna internet akan menghabiskan waktu dengan TV favorit mereka secara online. Layanan yang menawarkan program TV dan film untuk menonton melalui internet, seperti Netflix, iPlayer atau 4oD memanfaatkan cloud untuk membawa layanan ini ke khalayak umum. Musik Spotify atau website seperti stasiun radio internet seperti Pandora juga layanan berbasis cloud.
Industri game juga membuat langkah bersama menuju cloud. Banyak game online yang sudah hosting di cloud dan diputar melalui internet. Sejumlah layanan cloud gaming telah didirikan dalam beberapa tahun terakhir dan mungkin terlibat erat dalam mengubah industri game. Dengan cloud gaming Anda bisa mendapatkan keuntungan dari kecepatan pemrosesan lebih kuat dan rendering grafis yang lebih baik tanpa perlu komputer Anda memiliki spesifikasi tinggi. 

4. Komunikasi
Salah satu cara paling sederhana dengan menggunakan cloud yang mungkin tidak disadari adalah email. Kebanyakan program email berbasis web seperti Hotmail (sekarang Outlook), Gmail dan Yahoo Mail, secara efektif merupakan bentuk komputasi awan. Email Anda dan kontak tidak disimpan pada komputer lokal dan disimpan di awan, yang memungkinkan untuk memeriksa email dari mana saja. Cloud adalah bagian penting dari berbagai bentuk komunikasi internet. Skype, video-chat dan  layanan pesan instant  populer, memanfaatkan cloud sehingga jutaan pengguna dapat yang memungkinkan semua terhubung satu sama lain. Platform komunikasi terpadu lain juga memanfaatkan awan untuk memberikan layanan, misalnya Hosted Lync adalah platform komunikasi yang terpadu Microsoft host di cloud.

5. Jaringan Sosial
Banyak situs jejaring sosial yang mencapai jutaan pengguna dan memanfaatkan awan adalah cara yang masuk akal untuk menjaga layanan mereka tersedia dan dapat diandalkan. Jadi setiap kali anda posting di Facebook atau menulis tweet otomatis anda menggunakan cloud. Hal tersebut seperti data hasil postingan dalam account facebook, twitter dan lain-lain dapat diakses dimanapun baik menggunakan komputer dan smartphone atau media yang serupa. Hal serupa seperti Instagram dan Flickr juga layanan berbasis cloud. Anda mungkin tidak berpikir telah menggunakan cloud dalam aktivitas sehari-hari, tetapi sangat mungkin jika anda tidak menyadarinya.

sumber:
“Aplikasi google apps”, penulis: edy winarno&smitD, penerbit: elex media komputindo.
“trik rahasia mendapatkan 1.000.000 hits di google”, penerbit: Feri Sulianta, penerbit: elex media komputindo.
http://azuharu.net/grid-computing/pengertian-cloud-computing-dan-perkembangannya/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang