Kamis, 22 November 2012

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu
Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas dalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Terdapat tiga aspek yang melekat sebagai persepsi terhadap individu, yaitu aspek organik jasmaniah, aspek psikis-rohanian, dan aspek-sosial yang bila terjadi kegoncangan pada suatu aspek akan membawa akibat pada aspek yang lainnya. 
Individu dalam tingkah laku menurut pola pribadinya ada 3 kemungkinan: pertama menyimpang dari norma kolektif kehilangan individualitasnya, kedua takluk terhadap kolektif, dan ketiga memengaruhi masyarakat (Hartomo, 2004: 64).

Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap individu dan khususnya terhadap pembentukan individualitasnya adalah besar, namun sebaliknya individu pun berkemampuan untuk mempengaruhi masyarakat. Kemampuan individu merupakan hal yang utama dalam hubungannya dengan manusia. 
                                                                     

                                                                         Keluarga


keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.(Menurut Departement Kesehatan RI 1998). 
Keluarga adalah dua atau lebih individu yang bergabung karena berhubungan dareah,perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidupnya dalam satu rumah tangga, dan berinteraksi satu sama lain dan mempunyai perannya masing-masing serta mempertahankan kebudayaan . 
Berbagai peranan yang terdapat di dalam keluarga adalah sebagai berikut :
1. Peranan Ayah : Ayah sebagai suami dari istri dan anak-anak, berperan sebagai pencari 
nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota  

dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya.
2.Peranan Ibu : Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai   
salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari  lingkungannya, disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam 
keluarganya.
3.Peran Anak : Anak-anak melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat 
perkembangannya baik fisik, mental, sosial, dan spiritual.

                                                                     Masyarakat
Masyarakat merupakan kesatuan sosial yang mempunyai ikatan-ikatan kasih sayang yang erat. Kesatuan sosial mempunyai kehidupan jiwa seperti adanya ungkapan jiwa rakyat, kehendak rakyat, kesadaran masyarakat, dsb.

masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut.


contoh khasus dalam permasalahan individu,keluarga dan masyarakat yaitu:

                                     "DUNIA ANAK YANG TERCEMAR NARKOBA"





Tidak pandang umur kini narkoba telah menyebar luas ke kalangan remaja dan anak-anak zaman sekarang,di antara mereka yang terkena narkoba berumur 14 tahun . anak- anak usia dini yang terkena narkoba diakibatkan karena cara bergaul mereka yang tanpa disadari menjerumus ke arah narkoba.

Namun tak bisa dipungkiri anak-anak turut menjadi korban obat-obatan terlarang. Ironisnya, mereka yang rentan terkena kasus narkoba ini biasanya akibat pengaruh lingkungan seperti mereka yang biasa hidup di jalan dan permukiman kumuh.Menurut penelitian organisasi perburuhan internasional sekitar 20 persen anak-anak di Jakarta terlibat dan menjadi korban narkoba.

Kendati data pertahunnya tersangka kasus anak-anak menurun namun tetap saja mengkhawatirkan. Para pengguna narkoba ini biasanya menunjukkan gejala menyendiri takut dengan orang lain, mudah tersinggung dan sulit diajak bicara. Tentunya peran masyarakat harus lebih besar dalam mencegah peredaran barang haram ini.

referensi:
http://www.pengertian-individu-keluarga-masyarakat.html
http://sorayaaya.blogspot.com/2010/10/contoh-kasus-2-individukeluarga-dan.html


0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang