Kamis, 29 November 2012

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan


Masyarakat Perkotaan

Masyarakat perkotaan sering disebut urban community. Pengertian masyarakat kota lebih ditekankan pada sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat pedesaan.Kehidupan masyarakat perkotaan jauh lebih modern dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Mereka memiliki taraf kehidupan yang sangat tinggi, bahkan dapat dibilang canggih.

Masyarakat Pedesaan
Desa adalah suatu kesatuan hukum dimana bertempat tinggal suatu masyarakat pemerinahan sendiri Masyarakat pedesaan ditandai dengan pemilikan ikatan perasaan batin yang kuatnsesama warga desa, yaitu perasaan setiap warga/anggota masyarakat yang sangat kuat yang hakekatnya.
Adapun yang menjadi ciri masyarakat desa antara lain :
Didalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan lainnya di luar batas wilayahnya.
Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari pertanian.

Perbedaan desa dan kota



        
          1.   jumlah dan kepadatan penduduk
          2.   lingkungan hidup
          3.   mata pencaharian
          4.   corak kehidupan sosial
          5.   stratifikasi sosial
          6.   mobilitas sosial
          7.   pola interaksi sosial
          8.   solidaritas sosial
          9.   kedudukan dalam hierarki
                administrasi  nasional 
        10.  pendapatan informasi
        11.  kecanggihan teknologi 


Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komunitas yang terpisah sama sekali satu sama lain. Bahkan dalam keadaan yang wajar diantara keduanya terdapat hubungan yang erat, bersifat ketergantungan, karena diantara mereka saling membutuhkan. Jumlah penduduk semakin meningkat, tidak terkecuali di pedesaan. Perkembangan kota merupakan manifestasi dari pola-pola kehidupan sosial, ekonomi, kebudayaan dan politik..
Kota mempunyai juga peranan/fungsi eksternal, yakni seberapa jauh fungsi dan peranan kota tersebut dalam kerangka wilayah atau daerah-daerah yang dilingkupi dan melingkupinya.

Contoh Studi Kasus Antara masyarakat Perkotaan dan Pedesaan 
dalam lapangan pekerjaan, sebagian besar masyarakat pedesaan lebih tertarik untuk mencari nafkah di kota, karena di kota lebih luas lapangan kerjanya dari pada di desa, lain halnya masyarakat kota yang selalu memilih tempat liburan ketika ingin mendinginkan fikiran dan hati karena padatnya kehidupan di kota kebanyakan memilih berliburan di daerah - daerah pedesaan. Keduanya memiliki aspek positif dan aspek negatif yang saling mempengaruhi keduanya dan saling berkesinambungan.

sumber:http://gfebriani18.blogspot.com/2012/10/masyarakat-perkotaan-dan-masyarakat.html



0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang