Minggu, 06 Oktober 2013

Rangkuman Fungsi dari Bahasa

Pengertian Bahasa

Bahasa merupakan suatu alat yang digunakan utuk berkomunikasi, berinteraksi  antara manusia. Ide,gagasan ataupun pemikiran yang ingin di ungkapkan dapat kita sampaikan melalui alat ucap yang berupa system lambang bunyi  dengan menggunakan bahasa.Bahasa itu sendiri  terdiri dari kumpulan kata sehinnga mempunyai makna.

Aspek Bahasa

Bahasa terdapat tujuh aspek, yaitu:
1. Bahasa merupakan sebuah sistem artinya bahasa susunan kata-kata yang teratur dan jika kehilangan salah satu unsur akan merubah atau merancukan sebuah arti dalam kalimat.
2. Bahasa merupakan sistem tanda artinya sudah ada kesepakatan atau konvensi bahwa sebuah bahasa dapat mewakili suatu hal atau peristiwa yang dipahami bersama dalam satu. contoh: Kursi adalah sarana tempat duduk bagi manusia.
3. Bahasa merupakan sistem bunyi karena dasar dari bahasa adalah bunyi dan tulisan merupakan aspek atau alternatif kedua yang tidak kalah pentingnya.
4. Bahasa merupakan konvensi atau kesepakatan dari pengguna suatu bahasa.
5. Bahasa itu produktif, artinya bahasa intensitas penggunanya sangat tinggi dan vital.
6. Bahasa itu unik setiap bahasa mempunyi sistem yang berbeda,beragam penamaan & penggunaannya.
7. Bahasa merupakan identitas suatu kelompok sosial yang menggambarkan ciri budaya.

Fungsi Bahasa

1.  Bahasa sebagai alat erkespresi diri

Contohnya:mampu menggungkapkan gambaran,maksud ,gagasan, dan perasaan.Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada dan pikiran kita unsur yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri, yaitu agar menarik perhatian orang lain terhadap kita,keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

2. Sebagai alat komunikasi

Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirkan perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan sesama warga dan mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita (Gorys Keraf, 1997 : 4).

3. Alat untuk mengadakan imtegrasi dan adaptasi sosial

Pada saat kita beradaptasi kepada lingkungan sosial tertentu, kita akan memilih bahasa yang akan kita gunakan bergantung pada situasi dan kondisi yang kita hadapi. Kita akan menggunakan bahasa yang berbeda pada orang yang berbeda. Kita akan menggunakan bahasa yang nonstandar di lingkungan teman-teman dan menggunakan bahasa standar pada orang tua atau orang yang kita hormati.

4. Sebagai alat kontrol sosial

Kontrol sosial ini dapat diterapkan pada diri kita sendiri atau kepada masyarakat. Berbagai penerangan, informasi, maupun pendidikan disampaikan melalui bahasa. Buku-buku pelajaran, buku-buku instruksi, ceramah agama (dakwah) .

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa

             ocw.gunadarma.ac.id/...of.../bahasa.../fungsi-bahasa
             Buku Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia (BSE).
             http://dwi-n10tangsel.blogspot.com/2010/09/aspek-bahasa.html

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang