Sabtu, 19 Oktober 2013

Penggunaan Bahasa di Masyarakat/Keluarga

Bahasa merupakan salah satu faktor kemajuan bangsa karena bahasa merupakan sarana untuk membuka wawasan bangsa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi-teknologi yang berkembang, dengan kata lain, bahasa merupakan sarana untuk menyerap dan mengembangkan pengetahuan.

Namun yang kita pertanyakan "apakah kita telah menggunakan bahasa indonesia sendiri dengan baik?"
penggunaan bahasa secara lisan maupun tulisan dapat menjadikan gambaran seberapa baikkah bahasa yang kita gunakan


Contoh sederhana di kalangan keluarga kita menggunakan bahasa yang berbeda kepada orang tua dengan kakak/adik kita ,dengan orang tua mungkin kita berbicara dengan sopan namun belum tentu menggunakan bahasa  indonesia yang baik misalnya dengan dialeg bahasa daerah-daerah yang telah melekat pada diri keluarga.
Contoh lainnya di kalangan remaja, remaja lebih sering menggunakan bahasa yang tidak layak dan tidak sesuai dengan Bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan dalam berbagai situs dunia maya ,remaja-remaja menggunakan bahsa bahasa yang menurutnya gahul dan lebih in di kalangan mereka, sehingga menjadi kebiasaan mereka dalam berdialog sehari-hari.

Dari contoh-contoh ini sebenarnya menjadi cerminan diri kita sebagai Bangsa Indonesia, dan dengan bahasa-bahasa yang tidak sesuai menjadikan bangsa Indonesia minim dengn pengetahuan berbahasanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Dinar Dwi Cahya Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang